Translate

Selasa, 18 Oktober 2011

A. Program Tahunan dan Peta Kompetensi Dasar


 
A.    Program Tahunan dan Peta Kompetensi Dasar
Sebelum membuat program tahunan, Anda perlu terlbih dahulu menghitung jam pembelajaran efektif. Caranya ialah (1) dengan berpedoman pada kalender pendidikan yang dikeluarkan oleh Dinas Pendidikan, hitunglah jumlah minggu pada setiap bulan. Disarankan agar penghitungannya per semester saja. (2) Setelah ditemukan jumlah minggu pada suatu semester, selanjutnya dengan berpedoman pada program kerja sekolah, hitunglah jumlah minggu yang akan dipakai untuk kegiatan di luar pembelajaran, misalnya kegiatan masa orientasi siswa, ujian semester. (3) jumlah minggu pada semester itu dikurangi jumlah minggu yang digunakan untuk kegiatan diluar pembelajaran, didapatlah jumlah minggu efektif, yaitu jumlah minggu yang dipakai untuk kegiatan pembelajaran. Jumlah minggu efektif itu dikali jumlah jam pelajaran Bahasa Indonesia per minggu maka diperolehlah jumlah jam pembelajaran efektif. Format perhitungannya sebagai berikut:

PENGHITUNGAN JUMLAH JAM PEMBELAJARAN EFEKTIF


1. Penghitungan jumlah minggu
        (Dasar: Kalender Pendidikan)

No.
Bulan
Jumlah Minggu
Keterangan
1.



2.



3.



4.



5.



6.



Jumlah (1)



2. Penghitungan jumlah minggu tidak efektif
        (Dasar: Program kerja sekolah)

No.
Kegiatan
Jumlah Minggu
Keterangan
1.



2.



3.



4.



5.



Jumlah (2)



3. Penghitungan jumlah jam efektif
               [ Jumlah (1) – Jumlah (2)] x ... jam pelajaran per minggu
               = ........ jam pelajaran


            Selanjutnya, kita akan membuat Program Tahunan (Prota). Prota bisa dibuat setelah jam pembelajaran efektif dihitung untuk kedua semester, yaitu semester 1 dan semester 2. Dengan asumsi bahwa satu tema terdiri atas 5 kompetensi dasar dan setiap kompetensi dasar dilaksanakan selama 2 jam pelajaran, maka setiap tema dialokasikan antara 10—12 jam pelajaran. Dengan demikian, berapa jumlah tema dan berapa alokasi waktu setiap tema sudah bisa dihitung dengan berpedoman pada hasil penghitungan jam pembelajaran efektif di atas. Fokus program tahunan adalah mengalokasikan waktu untuk setiap tema. Format program tahunan sebagai berikut:


Program Tahunan

Sekolah                                             : ................................
Mata Pelajaran                : Bahasa dan Sastra Indonesia
Tahun Pelajaran              : ................................

Semester
Tema/Kegiatan
Alokasi
Waktu
Keterangan


I




1.
2.
3.
4.
5.
dst.
JP
JP
JP
JP
JP
JP






Jumlah
JP



II




1.
2.
3.
4.
5.
dst.
JP
JP
JP
JP
JP
JP






Jumlah
JP


                                                                                                         .........., ....................
Mengetahui                                                                                   Guru Mata Pelajaran
Kepala Sekolah,



......................                                                                                   .............................



            Program Tahunuan (Prota) telah dibuat, selanjutnya kita akan membuat Program Semester (Prosem). Untuk membuat Prosem, kita perlu membuat Peta Persebaran Kompetensi Dasar terlebih dahulu. Dalam buku Standar Kompetensi, kompetensi dasar dikelompokkan berdasarkan keterampilan berbahasanya, mendengarkan, berbicara, membaca, dan menulis. Sementara itu, pembelajaran bahasa haruslah dilaksanakan secara terpadu. Oleh karena itu, perlu dibuat peta persebaran kompetensi dasar sebagai dasar pembuatan unit pembelajaran terpadu atau unit pembelajaran tematis. Format Peta Persebaran Kompetensi Dasar sebagai berikut:



PETA PERSEBARAN KOMPETENSI DASAR

SEKOLAH                          : SEKOLAH DASAR _______________
MATA PELAJARAN        : BAHASA DAN SASTRA INDONESIA
KELAS/SEMESTER          : ________________________

UNIT DAN TEMA


KOMPETENSI DASAR




1





2





3





4





5





6





7





8



























































































































































































CARA MENULISKAN KOMPETENSI DASAR
Kolom di bawah “kompetensi dasar” diisi dengan cara sebagai berikut:
1)     Kompetensi dasar yang ada dalam buku Standar kompetensi adalah kompetensi dasar untuk satu tahun. Sementara itu, kita akan memetakan kompetensi dasar untuk satu semester. Oleh karena itu, kompetensi dasar yang ada pada setiap keterampilan berbahasa kita bagi dua.
2)     Cara membagi dua harus meemperhatikan kompetensi kebahasaan dan kompetensi kesastraan. Kompetensi kebahasaan dibagi dua dan kompetensi kesastraan juga dibagi dua.
3)     Bila jumlah kompetensi dasar genap maka tidak ada keesulitan dalam membagi dua. Namun, bila jumlah kompetensi dasar ganjil, maka ada kompetensi dasar yang dijadwalkan dua kali, semester ganjil dijadwalkan dan semester genap juga dijadwalkan. Anda bisa menentukan sendiri kompetensi yang mana yang perlu dijadwalkan dua kali itu.
4)     Setiap kompetensi dasar harus ditulis dalam baris sendiri-sendiri agar jelas penyebarannya nanti.

CARA MENYEBARKAN KOMPETENSI DASAR
Kolom “tema” diisi tema yang telah ditentukan di Program Tahunan.
Kolom di bawah “tema” diisi dengan tanda titik besar (l) dengan ketentuan:
a.      Setiap tema berisi lima kompetensi dasar.
b.     Setiap tema terdapat kompetensi dasar kemampuan berbahasa dan kemampuan bersastra.
c.      Setiap tema terdapat variasi keterampilan berbahasa (mendengarkan, berbicara, membaca, menulis)
d.     Setiap kompetensi dasar harus dijadwalkan (mendapat tanda l)
e.      Satu kompetensi dasar boleh dijadwalkan lebih dari satu tema.
f.      Kompetensi dasar hendaknya dijadwalkan secara merata.

Berikut ini disampaikan tema-tema yang bisa digunakan di Sekolah Dasar.

TEMA UNTUK SEKOLAH DASAR

KELAS
SEMESTER 1
SEMESTER 2
VI








Hiburan
Komunikasi
Olah Raga
Pertanian
Kerajinan Tangan
Kesehatan
Lingkungan
Kehidupan Masyarakat
Kegemaran
Pahlawan
Teknologi Sederhana
Pendidikan
Pekerjaan
Pertanian
Peristiwa



V








Hiburan
Kpeendudukan
Keamanan dan Keselamatan
Ekonomi
Pahlawan
Pertanian
Lingkungan
Kegiatan
Perhubungan
Perdagangan
Palang Merah
Transportasi
Kesenian
Lapangan Kerja
Kehidupan di Laut
Teknologi Sederhana


IV








Kegiatan
Peristiwa
Kesenian
Transportasi
Olah Raga
Pertanian
Lingkungan
Hidup Hemat
Tempat Umum
Kegemaran
Disiplin
Teknologi Sederhana
Koperasi
Pendidikan
Kesehatan
Transportasi


III









Tempat Umum
Lingkungan
Kegiatan
Peristiwa
Kebiasaan
Hiburan
Pergaulan
Keindahan
Kebersihan
Kesehatan
Peristiwa
Keperluan Sehari-hari
Pedesaan
Pertanian
Kerajinan Tangan
Kegemaran
Palang Merah
Makanan
Pendidikan
Permainan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar