A. Program Tahunan dan Peta Kompetensi Dasar
Sebelum membuat program tahunan, Anda perlu terlbih dahulu menghitung jam pembelajaran efektif. Caranya ialah (1) dengan berpedoman pada kalender pendidikan yang dikeluarkan oleh Dinas Pendidikan, hitunglah jumlah minggu pada setiap bulan. Disarankan agar penghitungannya per semester saja. (2) Setelah ditemukan jumlah minggu pada suatu semester, selanjutnya dengan berpedoman pada program kerja sekolah, hitunglah jumlah minggu yang akan dipakai untuk kegiatan di luar pembelajaran, misalnya kegiatan masa orientasi siswa, ujian semester. (3) jumlah minggu pada semester itu dikurangi jumlah minggu yang digunakan untuk kegiatan diluar pembelajaran, didapatlah jumlah minggu efektif, yaitu jumlah minggu yang dipakai untuk kegiatan pembelajaran. Jumlah minggu efektif itu dikali jumlah jam pelajaran Bahasa Indonesia per minggu maka diperolehlah jumlah jam pembelajaran efektif. Format perhitungannya sebagai berikut:
PENGHITUNGAN JUMLAH JAM PEMBELAJARAN EFEKTIF
1. Penghitungan jumlah minggu
(Dasar: Kalender Pendidikan)
No. | Bulan | Jumlah Minggu | Keterangan |
1. | | | |
2. | | | |
3. | | | |
4. | | | |
5. | | | |
6. | | | |
Jumlah (1) | | |
2. Penghitungan jumlah minggu tidak efektif
(Dasar: Program kerja sekolah)
No. | Kegiatan | Jumlah Minggu | Keterangan |
1. | | | |
2. | | | |
3. | | | |
4. | | | |
5. | | | |
Jumlah (2) | | |
3. Penghitungan jumlah jam efektif
[ Jumlah (1) – Jumlah (2)] x ... jam pelajaran per minggu
= ........ jam pelajaran
Selanjutnya, kita akan membuat Program Tahunan (Prota). Prota bisa dibuat setelah jam pembelajaran efektif dihitung untuk kedua semester, yaitu semester 1 dan semester 2. Dengan asumsi bahwa satu tema terdiri atas 5 kompetensi dasar dan setiap kompetensi dasar dilaksanakan selama 2 jam pelajaran, maka setiap tema dialokasikan antara 10—12 jam pelajaran. Dengan demikian, berapa jumlah tema dan berapa alokasi waktu setiap tema sudah bisa dihitung dengan berpedoman pada hasil penghitungan jam pembelajaran efektif di atas. Fokus program tahunan adalah mengalokasikan waktu untuk setiap tema. Format program tahunan sebagai berikut:
Program Tahunan
Sekolah : ................................
Mata Pelajaran : Bahasa dan Sastra Indonesia
Tahun Pelajaran : ................................
Semester | Tema/Kegiatan | Alokasi Waktu | Keterangan |
I | 1. 2. 3. 4. 5. dst. | JP JP JP JP JP JP | |
Jumlah | JP | | |
II | 1. 2. 3. 4. 5. dst. | JP JP JP JP JP JP | |
Jumlah | JP | |
.........., ....................
Mengetahui Guru Mata Pelajaran
Kepala Sekolah,
...................... .............................
Program Tahunuan (Prota) telah dibuat, selanjutnya kita akan membuat Program Semester (Prosem). Untuk membuat Prosem, kita perlu membuat Peta Persebaran Kompetensi Dasar terlebih dahulu. Dalam buku Standar Kompetensi, kompetensi dasar dikelompokkan berdasarkan keterampilan berbahasanya, mendengarkan, berbicara, membaca, dan menulis. Sementara itu, pembelajaran bahasa haruslah dilaksanakan secara terpadu. Oleh karena itu, perlu dibuat peta persebaran kompetensi dasar sebagai dasar pembuatan unit pembelajaran terpadu atau unit pembelajaran tematis. Format Peta Persebaran Kompetensi Dasar sebagai berikut:
PETA PERSEBARAN KOMPETENSI DASAR
SEKOLAH : SEKOLAH DASAR _______________
MATA PELAJARAN : BAHASA DAN SASTRA INDONESIA
KELAS/SEMESTER : ________________________
UNIT DAN TEMA | KOMPETENSI DASAR | |||||||
1 | 2 | 3 | 4 | 5 | 6 | 7 | 8 | |
| | | | | | | | |
| | | | | | | | |
| | | | | | | | |
| | | | | | | | |
| | | | | | | | |
| | | | | | | | |
| | | | | | | | |
| | | | | | | | |
| | | | | | | | |
| | | | | | | | |
CARA MENULISKAN KOMPETENSI DASAR
Kolom di bawah “kompetensi dasar” diisi dengan cara sebagai berikut:
1) Kompetensi dasar yang ada dalam buku Standar kompetensi adalah kompetensi dasar untuk satu tahun. Sementara itu, kita akan memetakan kompetensi dasar untuk satu semester. Oleh karena itu, kompetensi dasar yang ada pada setiap keterampilan berbahasa kita bagi dua.
2) Cara membagi dua harus meemperhatikan kompetensi kebahasaan dan kompetensi kesastraan. Kompetensi kebahasaan dibagi dua dan kompetensi kesastraan juga dibagi dua.
3) Bila jumlah kompetensi dasar genap maka tidak ada keesulitan dalam membagi dua. Namun, bila jumlah kompetensi dasar ganjil, maka ada kompetensi dasar yang dijadwalkan dua kali, semester ganjil dijadwalkan dan semester genap juga dijadwalkan. Anda bisa menentukan sendiri kompetensi yang mana yang perlu dijadwalkan dua kali itu.
4) Setiap kompetensi dasar harus ditulis dalam baris sendiri-sendiri agar jelas penyebarannya nanti.
CARA MENYEBARKAN KOMPETENSI DASAR
Kolom “tema” diisi tema yang telah ditentukan di Program Tahunan.
Kolom di bawah “tema” diisi dengan tanda titik besar (l) dengan ketentuan:
a. Setiap tema berisi lima kompetensi dasar.
b. Setiap tema terdapat kompetensi dasar kemampuan berbahasa dan kemampuan bersastra.
c. Setiap tema terdapat variasi keterampilan berbahasa (mendengarkan, berbicara, membaca, menulis)
d. Setiap kompetensi dasar harus dijadwalkan (mendapat tanda l)
e. Satu kompetensi dasar boleh dijadwalkan lebih dari satu tema.
f. Kompetensi dasar hendaknya dijadwalkan secara merata.
Berikut ini disampaikan tema-tema yang bisa digunakan di Sekolah Dasar.
TEMA UNTUK SEKOLAH DASAR
KELAS | SEMESTER 1 | SEMESTER 2 |
VI | Hiburan Komunikasi Olah Raga Pertanian Kerajinan Tangan Kesehatan Lingkungan Kehidupan Masyarakat Kegemaran | Pahlawan Teknologi Sederhana Pendidikan Pekerjaan Pertanian Peristiwa |
V | Hiburan Kpeendudukan Keamanan dan Keselamatan Ekonomi Pahlawan Pertanian Lingkungan Kegiatan Perhubungan | Perdagangan Palang Merah Transportasi Kesenian Lapangan Kerja Kehidupan di Laut Teknologi Sederhana |
IV | Kegiatan Peristiwa Kesenian Transportasi Olah Raga Pertanian Lingkungan Hidup Hemat Tempat Umum | Kegemaran Disiplin Teknologi Sederhana Koperasi Pendidikan Kesehatan Transportasi |
III | Tempat Umum Lingkungan Kegiatan Peristiwa Kebiasaan Hiburan Pergaulan Keindahan Kebersihan Kesehatan | Peristiwa Keperluan Sehari-hari Pedesaan Pertanian Kerajinan Tangan Kegemaran Palang Merah Makanan Pendidikan Permainan |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar