Translate

Rabu, 09 November 2011

Rambu-rambu Penilaian Tugas Identifikasi Masalah

Rambu-rambu Penilaian Tugas Identifikasi Masalah

Aspek penilaian
Deskriptor penilaian
Identifikasi Masalah
·       Masalah didapat dari hasil diskusi dengan Guru Kelas
·       Masalah berkenaan dengan pembelajaran YANG TELAH dilakukan
·       Memaparkan adanya kesenjangan antara apa yang diharapkan dengan apa yang ada dalam kenyataan
·       Terdapat pernyataan masalah yang dihadapi guru kelas
Analisis Masalah: Refleksi
Pertanyaan-pertanyaan yang diajukan relevan dengan masalah
Ada jawaban atas pertanyaan tersebut
Ada simpulan sementara penyebab masalah 
Analisis Masalah: Bertanya kepada Siswa
Pertanyaan-pertanyaan yang diajukan relevan dengan masalah
Ada jawaban atas pertanyaan tersebut
Ada simpulan sementara penyebab masalah
Analisis Masalah: Kaji Dokumen
Dokumen yang dikaji relevan dengan masalah
Ada simpulan sementara penyebab masalah
Simpulan Akar Penyebab Masalah
Penyebab Masalah benar-benar berasal dari analisis masalah
Pemilihan Tindakan Disertai Argumentasi ketepatannya untuk mengatasi penyebab masalah
·     Dinyatakan secara eksplisit tindakan yang dipilih
·     Diuraikan secara sistematis dan rasional “keampuhan” tindakan untuk mengatasi penyebab masalah
·     Diuraikan optimisme penulis untuk memperbaiki/meningkatkan hal yang bermasalah
Perumusan Masalah PTK
·     Rumusan masalah berupa kalimat tanya
·     Rumusan masalah mencakup empat unsur, yaitu “hal yang akan ditingkatkan”, “tindakan yang dipilih”, “siswa yang m enjadi objek penelitian”, dan “sekolah tempat penelitian”
Perumusan Tujuan PTK
Tujuan PTK berupa “hasil akhir” yang ingin diperoleh dari penelitian
Perumusan Hipotesis PTK
·     Rumusan hipotesis berupa kalimat pernyataan
·     Rumusan hipotesis menyatakan “keampuhan” tindakan yang dipilih dalam memperbaiki/meningkatkan “hal yang akan ditingkatkan/diperbaiki”
·     Rumusan hipotesis mencakup empat unsur, yaitu “hal yang akan ditingkatkan”, “tindakan yang dipilih”, “siswa yang m enjadi objek penelitian”, dan “sekolah tempat penelitian”
Kerangka Kajian Teori Variabel 1
·    Memaparkan teori berkenaan dengan “hal yang akan ditingkatkan”
·    Pemaparan teori sekurangnya mencakup teori-teori yang mampu menjawab pertanyaan “apa” dan  “bagaimana minilainya/mengukurnya”
Kerangka Teori Variabel 2
·    Memaparkan teori berkenaan dengan “tindakan yang dipilih”
·    Pemaparan teori sekurangnya mencakup teori-teori yang mampu menjawab pertanyaan “apa” dan  “bagaimana langkah penggunaannya/pelaksanaannya”
Kerangka Berpikir Pelaksanaan PTK
·    Menjelaskan secara rasional bahwa tindakan yang dipilih “ampuh” untuk mengatasi penyebab masalah dan “ampuh” juga untuk meningkatkan/memperbaiki pokok masalah
·    Mencakup sejumlah argumen yang mampu membuat orang lain yakin dengan tindakan yang akan Anda lakukan
·    Penjelasan disertai bagan atau matrik
Judul PTK
·    Maksimal 20 kata, spesifik, jelas menggambarkan masalah yang dibahas.
·    Mencakup empat unsur, yaitu “hal yang akan ditingkatkan”, “tindakan yang dipilih”, “siswa yang menjadi objek penelitian”, dan “sekolah tempat penelitian”

Tidak ada komentar:

Posting Komentar