TUGAS MAHASISWA PESERTA MATA KULIAH PTK-2 KELAS A,B,C
PERIODE 27 OKTOBER – 1 NOVEMBER 2011
TUGAS DISAJIKAN TANGGAL 2 ATAU 3 NOVEMBER 2011
1. Urus surat pengantar untuk kunjungan ke sekolah
2. Datang ke sekolah dengan membawa surat pengantar dan berdiskusi dengan guru kelas untuk melakukan identifikasi masalah
3. Setelah masalah teridentifikasi, lakukan analisis masalah guna menemukan akar penyebab masalah:
a. Berdiskusi dengan guru kelas guna melakukan refleksi (bertanya kepada diri guru sendiri berkenaan dengan masalah pembelajaran dan mendapatkan jawaban dari guru sendiri). Usahakan jawaban jujur sebagaimana adanya yang terjadi di kelas itu.
b. Bertanya kepada siswa dan mendapatkan jawaban dari siswa. Usahakan siswa bisa menjawab sejujurnya.
c. Bila hasil refleksi dan hasil bertanya kepada siswa belum cukup untuk membuat kesimpulan akar penyebab masalah, lakukan pengkajian dokumen.
4. Buat laporan dan disajikan pada pertemuan tanggal 2 atau 3 November 2011 dengan sistematika sebagai berikut:
a. Identifikasi Masalah
b. Analisis Masalah
1) Refleksi
2) Bertanya kepada Siswa
3) Pengkajian Dokumen
c. Simpulan Akar Penyebab Masalah
d. Pemilihan Tindakan Disertai Argumentasi ketepatannya untuk mengatasi penyebab masalah
e. Perumusan Masalah PTK
f. Perumusan Tujuan PTK
g. Perumusan Hipotesis PTK
h. Pembuatan Kerangka Kajian Teori
1) Kerangka kajian teori variabel 1
2) Kerangka kajian teori variabel 2
3) Kerangka Berpikir Pelaksanaan PTK
i. Buat Judul Penelitian Tindakan Kelas
5. Jadwal kerja
Hari ke- | Kegiatan | Pelaksana |
1 | Pengurusan surat pengantar di Prodi PGSD | Mahasiswa dan Prodi PGSD |
2 | Datang ke sekolah untuk menyampaikan maksud kegiatan dan membuat kesepakatan waktu diskusi identifikasi masalah | Mahasiswa, Kepala Sekolah, Guru Kelas |
3 | a) Datang ke sekolah melaksanakan diskusi dengan guru kelas guna melakukan identifikasi masalah sampai ditetapkan masalah yang akan diangkat untuk PTK; b) Di rumah, merumuskan pertanyaan guna malakukan refleksi, pertanyaan guna bertanya kepada siswa, dan menginintventarisasi dokumen yang akan dilakukan pengkajian | Mahasiswa dan Guru Kelas Mahasiswa |
4 | Datang ke sekolah guna melakukan analisis masalah dengan melakukan refleksi, bertanya kepada siswa, dan pengkajian dokumen | Mahasiswa, Guru Kelas, Siswa |
5 | a) Di rumah menyimpulkan akar penyebab masalah, baik berdasarkan hasil refleksi, bertanya kepada siswa, maupun hasil pengkajian dikumen. b) Menyusun laporan dengan menggunakan sistematika yang telah ditentukan c) Membuat power point guna penyajian dengan dilengkapi foto-foto di sekolah | Mahasiswa |
6 | Melakukan pengecekan ulang dan revisi hal-hal yang diperlukan. | Mahasiswa |
7 | Penyajian laporan hasil identifikasi masalah. | Mahasiswa |
6. Lokasi tugas
Kelas | Lokasi Sekolah Dasar |
A | Kabupaten Muaro Jambi |
B | Kota Jambi |
C | Kabupaten Batanghari |
7. Contoh Identifikasi Masalah
A. Identifikasi Masalah
Bu Siti, guru kelas IV SD, merasa bingung karena nilai ulangan siswanya pada pelajaran IPS kompetensi dasar “Mengenal permasalahan sosial di daerahnya” rendah, nilai rata-rata kurang dari 40. Apabila Bu Siti mengajukan pertanyaan, siswa tampak ragu-ragu dan bingung. Bila menjawab pertanyaan, jawaban siswa tidak sesuai dengan keinginanan Bu Siti. Jadi, masalah yang dihadapi oleh Ibu Siti adalah ....
Bu Siti, guru kelas IV SD, merasa bingung karena nilai ulangan siswanya pada pelajaran IPS kompetensi dasar “Mengenal permasalahan sosial di daerahnya” rendah, nilai rata-rata kurang dari 40. Apabila Bu Siti mengajukan pertanyaan, siswa tampak ragu-ragu dan bingung. Bila menjawab pertanyaan, jawaban siswa tidak sesuai dengan keinginanan Bu Siti. Jadi, masalah yang dihadapi oleh Ibu Siti adalah ....
B. Analisis Masalah
1). Guru bersama mahasiswa melakukan refleksi:
1). Guru bersama mahasiswa melakukan refleksi:
Pertanyaan yang relevan dengan Masalah | Jawaban |
a. Apakah dalam menjelaskan materi, saya menggunakan bahasa yang cukup jelas bagi siswa? | |
b. Apakah saya menggunakan istilah-istilah yang sulit dimengerti siswa? | |
c. Apakah dalam menjelaskan saya menggunakan contoh yang cukup? | |
d. Apakah saat menjelaskan saya menggunakan alat bantu? | |
dan seterusnya | |
Simpulan sementara (1) penyebab masalah berdasarkan hasil refleksi adalah:
1.
2.
3.
2). Guru bertanya kepada siswa:
Pertanyaan yang relevan dengan masalah | Jawaban |
a) Mengapa nilai ulanganmu tidak bagus? | |
b) Apakah kamu mengerti apa yang dijelaskan oleh guru? | |
c) Apa yang sukar ditangkap dari penjelasan guru? | |
d) Apakah cara guru menjelaskan kurang menarik? | |
e) Apakah kamu memiliki buku sumber? | |
dan seterusnya | |
Simpulan sementara (2) penyebab masalah berdasarkan jawaban siswa:
1)
2)
3). Guru melakukan pengkajian dokumen
Dokumen yang dikaji | Hasil Pengkajian |
a. Pekerjaan rumah | |
b. Soal ulangan | |
Simpulan sementara (3) penyebab masalah berdasarkan hasil kajian dokumen
1)
1)
2)
C. Guru menyimpulkan akar penyebab masalah berdasarkan simpulan sementara (1), (2) dan (3)!
C. Guru menyimpulkan akar penyebab masalah berdasarkan simpulan sementara (1), (2) dan (3)!
Berdasarkan simpulan-simpulan sementara di atas, disimpulkan akar penyebab masalah rendahnya hasil pembelajaran IPS kompetensi dasar “Mengenal permasalahan sosial di daerahnya” adalah sebagai berikut:
a) Penjelasan guru terlalu cepat
b) Kurang diberikan contoh konkret yang mudah dipahami siswa
c) Guru tidak memberikan kesempatan bertanya kepada siswa
D. Pemilihan Tindakan dan Argumentasinya
Tindakan yang dipilih adalah model pembelajaran tipe STAD dengan argumentasi sebagai berikut ....
E. Perumusan Masalah
Masalah penelitian tindakan kelas dirumuskan sebagai berikut:
“ ......................................................................................... “
F. Tujuan Penelitian
.....................................................................................................
G. Hipotesis Penelitian
Penggunaan model pembelajaran tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar KD “Mengenal permasalahan sosial di daerahnya” pada siswa kelas IV SD Sukamaju
H. Kerangka Pengkajian Teori
1. Teori yang berkaitan dengan materi pembelajaran: (Variabel 1/ variabel terikat)
a. mata pelajaran IPS
b. KD “Mengenal permasalahan sosial di daerahnya”
c. Cara mengukur keberhasilan pembelajaran KD “Mengenal permasalahan sosial di daerahnya”
b. KD “Mengenal permasalahan sosial di daerahnya”
c. Cara mengukur keberhasilan pembelajaran KD “Mengenal permasalahan sosial di daerahnya”
2. Tindakan: (variabel 2/ variabel bebas)
a. Syarat tindakan: harus dapat mengatasi/memperbaiki akar penyebab masalah
b. Dipilih tindakan “model pembelajaran tipe STAD”
b. Dipilih tindakan “model pembelajaran tipe STAD”
3. Kerangka Berpikir
I. Judul Penelitian
Upaya meningkatan hasil belajar KD “Mengenal permasalahan sosial di daerahnya” dengan penggunaan model pembelajaran tipe STAD pada siswa kelas IV SD Sukamaju
Upaya meningkatan hasil belajar KD “Mengenal permasalahan sosial di daerahnya” dengan penggunaan model pembelajaran tipe STAD pada siswa kelas IV SD Sukamaju